Kesadaran Demokrasi di Indonesia dalam Siswa-siswi 12

Sep 22, 2021 Berita

Ilustrasi Suasana Demokrasi (Sumber: https://www.dosenpendidikan.co.id/demokrasi-adalah/)

Madu News, Bandung – Selamat Hari Demokrasi Internasional! Hari Demokrasi Internasional yang diperingati setiap 15 September ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap situasi demokrasi yang pernah maupun sedang terjadi di dunia.

Membahas soal demokrasi, bagaimanakah kesadaran siswa-siswi di SMAN 12 Bandung akan demokrasi di Indonesia, terlebih di saat pandemi seperti ini? Mari simak hasil survey berikut!

Berdasarkan survey bersampel 24 responden yang telah dilakukan, Meskipun sebagian besar siswa-siswi SMAN 12 belum mempunyai partai politik pilihan yang sesuai dengan hati nurani, siswa-siswi SMAN 12 tetap tertarik untuk menggunakan hak pilih dalam pemilu baik di tingkat daerah maupun pemerintah pusat. Hal ini terbukti dengan sebagian besar siswa-siswi memiliki tokoh idola calon pemimpin maupun politik.

Tidak hanya partai saja, sebagian besar siswa-siswi SMAN 12 juga sudah sadar betul akan fungsi lembaga perwakilan rakyat di Indonesia. Hal ini ditandai dengan hampir semua siswa-siswi SMAN 12 dapat menjawab pertanyaan seputar demokrasi di Indonesia dengan benar serta terdapat sebagian yang mengikuti pemberitaan mengenai pemilu yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Hal tersebut membuktikan kesadaran demokrasi di Indonesia dalam siswa-siswi SMAN 12 yang baik terlebih ketika lebih dari setengah siswa-siswi SMAN 12 tertarik untuk membaca berita bertema politik.

Penulis: Helmi Zaidan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *