29 September Hari Jantung Sedunia, Ini Dia Cara Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Oct 3, 2021 Berita

(Sumber: kemkes.go.id)

Madu Sehat, Bandung – Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka penyakit jantung semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan prevalensi penyakit jantung di Indonesia sebesar 1,5%. Artinya, 15 dari 1000 orang Indonesia menderita penyakit jantung. Karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung.

Dilansir dari laman kemkes.go.id, berikut 7 hal sederhana yang bisa dilakukan agar jantung tetap sehat:

  1. Tetap Aktif

Tubuh yang aktif dan rutin melakukan olahraga adalah bagian utama dari cara menjaga jantung agar tetap sehat. Rutin berolahraga selama 30 menit sehari selama lima hari seminggu akan meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Lakukan aktivitas fisik apa pun yang menggerakkan tubuh dan membakar kalori. Ini termasuk berjalan kaki, jogging, berenang, bersepeda, dan lainnya.

2. Jangan Merokok

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh British Heart Foundationmerokok dapat membuat bahan kimia yang terdapat di dalamnya melekat pada dinding arteri. Kondisi ini membuat sistem kerja arteri yang membawa darah ke jantung tersumbat dan dapat menyebabkan serangan jantung.

Selain melindungi diri sendiri, berhenti merokok juga melindungi orang sekitar dari bahaya asap rokok.

3. Atur Berat Badan

Menurut para peneliti, kelebihan berat badan itu sendiri mungkin tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung secara langsung, melainkan berkembang seiring berjalannya waktu melalui mekanisme seperti peningkatan tekanan darah dan glukosa tinggi.

4. Mengonsumsi Makanan Yang Kaya Akan Serat

Untuk menjaga jantung kita tetap sehat, kita bisa mengonsumsi ikan, kacang, biji-bijian utuh, yoghurt, buah-buahan, serta sayuran.

5. Kurangi Pemakaian Garam

Menurut Dr. Laffin, garam dalam jumlah kecil sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita. Dia menyarankan untuk menjaga asupan garam di bawah 2.300 mg per hari yang sama dengan satu sendok teh garam.

Jika kita mengonsumsi garam berlebihan, itu bisa menyebabkan retensi cairan yang dapat meningkatkan tekanan darah, yang dimana tekanan darah tinggi menjadi faktor utama serangan jantung.

6. Konsumsi Ikan

Ikan mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk jantung. Fungsinya bisa mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL yang dimana kolesterol tinggi dapat memicu risiko penyakit jantung.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan agar jantung kita tetap sehat. Mari kita lebih perhatikan kesehatan jantung kita, agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Penulis: Chalida Rahma Listy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *