Memperingati Peristiwa Bandung Lautan Api

Apr 3, 2022 Berita

Ilustrasi Bandung Lautan Api ( Sumber : art.kompas.com)

Madu Sehat, Bandung- Tahukah kamu, bahwa peristiwa “Bandung Lautan Api” di peringati setiap tanggal 24 Maret. Di bawah ini adalah beberapa bukti/stilasi dari peristiwa Bandung lautan api :

1. Jalan Ir H Juanda – Sultan Agung

Stilasi ini berada di depan gedung bekas kantor berita Jepang, Domei yang sudah ada sejak tahun 1937.Di kantor berita ini lah untuk pertama kalinya teks proklamasi dibaca oleh rakyat Bandung.

2. Braga

Stilasi ke dua ini tepatnya berada di persimpangan Jalan Braga dan Jalan Naripan terletak di gedung Bank Jabar yang dahulu bernama Gedung Denis. Di gedung ini, pada Oktober 1945, pejuang Bandung Moeljono dan E Karmas merobek bendera Belanda.

3. Asia Afrika

Stilasi ke tiga berada di depan Gedung Asuransi Jiswasraya di Jalan Asia-Afrika di seberang Masjid Raya Jawa Barat. Dahulunya, gedung ini digunakan sebagai markas resimen 8 yang dibangun pada tahun 1922.

4. Simpang

Stilasi selanjutnya berada di sebuah rumah yang terletak di Jalan Simpang. Di tempat inilah dilakukan perumusan serta diambilnya keputusan membumihanguskan kota Bandung.

5. Dewi Sartika

Stilasi ke lima berada tidak jauh dari Jalan Otto Iskandardinata – Jalan Kautamaan Istri. Tepatnya di SD Dewi Sartika.

6. Jalan Jembatan Baru

Stilasi ke delapan berada di Jalan Jembatan Baru yang merupakan salah satu garis pertahanan pejuang saat terjadi pertempuran Lengkong.

7. Jalan Asmi

Stilasi ini berada di SD Asmi, di Jalan Asmi. Tempat ini digunakan sebagai markas pemuda pejuang, PESINDO dan BBRI sebelum terjadinya peristiwa BLA.

 

Itulah beberapa bukti/stilasi dari peristiwa ‘Bandung Lautan Api’. Selain bukti-bukti diatas ada juga tokoh-tokoh yang berkaitan dengan peristiwa ‘Bandung Lautan Api’ loh!, berikut tokoh-tokoh tersebut :

↳ Dari Indonesia : Mohammad Endang Karmas, Moeljono, Datuk Djamin, Soetan Sjahrir, Kolonel A.H. Nasution.

↳ Dari Belanda: Brigadir MacDonald, Letnan Jenderal Montagu Stophord.

Sumber :

Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul “Mengenang Peristiwa Bandung Lautan Api Melalui 10 Stilasi Bersejarah”, ditulis pada tanggal 23 Maret 2022

https://jabar.jpnn.com/jabar-terkini/1777/mengenang-peristiwa-bandung-lautan-api-melalui-10-stilasi-bersejarah

Artikel ini telah tayang di https://tirto.id/gajf, dengan judul “ Bandung Lautan Api: Penyebab, Kronologi, & Tokoh”, ditulis oleh Alhidayath Parinduril, pada tanggal 22 Februari 2021 https://tirto.id/sejarah-peristiwa-bandung-lautan-api-penyebab-kronologi-tokoh-gajf .

Leave a Reply

Your email address will not be published.