Hari Orang Tua Sedunia

Jun 2, 2022 Berita

ADA APA SI DENGAN 1 JUNI?

Madu News Bandung– Haiii bees!!! Kalian tauga sih kalau 1 juni bukan hanya diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, tapi 1 Juni bagi warga dunia menyimpan setidaknya tiga peringatan hari yang penting. Yang pertama yaitu peringatan Hari anak-anak Internasional, Kedua, peringatan Hari susu Sedunia. Ketiga, hari orang tua sedunia. Nah kali ini kita akan memberitahu kalian dengan hari orang tua ini!! Yuukk simak bees!!!

SEJARAH HARI ORANG TUA

Kalian pasti belum tau bagaimana  sejarah hari ‘ORANG TUA’ . Nah sejarah ini bermula dari fokus PBB di tahun 1980-an yang mengangkat isu-isu berkaitan dengan keluarga. Isu-isu ini meluas pada masalah pentingnya kesejahteraan emosional dan mental seorang anak, dimana orang tua berperan penting dalam mengasuh dan mendidik anak dengan lingkungan yang positif dan suportif.

Kemudian pada tanggal 9 Desember 1989, Majelis Umum mengeluarkan resolusi yang menyatakan tahun 1994 dinyatakan sebagai Tahun Keluarga Internasional. Dalam resolusi lain pada tahun 1993, tanggal 15 Mei ditetapkan sebagai peringatan Hari Keluarga Internasional, setiap tahun. Baru pada 17 September 2012, PBB mendeklarasikan 1 Juni sebagai Hari Orang Tua Sedunia yang diperingati setiap tahun.

Peringatan Hari Orang Tua Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya peran orang tua dalam memberikan perlindungan dan sarana yang dibutuhkan anak untuk berkembang secara positif. Bagaimanapun, orang tua adalah guru pertama dalam interaksi manusia yang dialami seorang anak. Setiap peringatan ini, diharapkan para pemimpin, orang tua, anak-anak, guru, dan organisasi keluarga berkumpul untuk mempromosikan pengasuhan yang efektif. Kampanye dan program pendidikan juga diselenggarakan secara luas untuk orang tua dan untuk mendorong stabilitas dalam keluarga inti.

Fakta Hubungan Orang Tua dan Anak

Setelah mengetahui sejarah Hari Orang Tua Sedunia yang diperingati setiap 1 Juni, berikutnya tak kalah penting untuk mengetahui beberapa fakta tentang hubungan orang tua dan anak. Fakta pertama, hubungan orang tua dan anak adalah hubungan permanen yang terjadi secara khusus karena adanya ikatan darah.

Sebagai orang dan lingkungan terdekat, interaksi antara orang tua dan anak juga lebih banyak dibandingkan interaksi sosial lainnya. Sebab, orang tua dan anak tinggal bersama dan menghabiskan waktu lebih banyak dibandingkan dengan lingkungan sosial lain.

Dalam keluarga, orang tua dianggap sebagai sosok panutan karena memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak dibandingkan anak. Hal inilah yang menjadikan orang tua sebagai pemberi nasihat untuk setiap anak-anaknya dalam menjalani kehidupan.

Meskipun pada akhirnya anak akan menentukan jalan hidup di masa depan, termasuk membentuk keluarga mereka sendiri, namun hubungan orang tua dan anak tetap selamanya bertahan dan tidak lekang oleh waktu. Sehingga, ketika Anda sudah tinggal terpisah oleh orang tua, sempatkan waktu untuk terus terhubung dengan mereka selama masih hidup.

Cara Merayakan Hari Orang Tua Sedunia

Setelah kita mengetahui sejarah Hari Orang Tua Sedunia dan beberapa faktanya, terakhir kita akan memberikan rekomendasi bagaimana cara merayakan peringatan ini setiap tahun. Pada dasarnya, Hari Orang Tua Sedunia dapat dirayakan seperti peringatan Hari Ibu atau Hari Ayah. Dengan meluangkan waktu, memberikan hadiah kecil, bunga, dan lain sebagainya sebagai ucapan terima kasih.

Selain itu, Hari Orang Tua Sedunia juga dapat dirayakan dengan beragam cara lain yang tak kalah bermanfaat, yaitu sebagai berikut:

  • Mengedukasi diri tentang Hari Orang Tua Sedunia dengan membaca berbagai literasi, baik dari buku maupun internet.
  • Bagi orang tua, kita bisa bertukar pikiran dan berbagi pengalaman tentang cara pengasuhan anak yang baik dan efektif. Anda juga bisa berbagai tips pengasuhan untuk membantu satu sama lain.
  • Menonton film tentang orang tua dan anak bersama keluarga. Film ini dapat memberikan pelajaran dengan setiap kisah atau cerita yang disajikan.

Nah gitu bees kira-kira sejarah dan beberapa  pemberitahuan seputar hari orang tua ini! Jadi gimana? Kita jadi tau dong bahwasannya dai tanggal 1 juni ini, tidak hanya ada hari lahir Pancasila saja, tetapi banyak  hari besar juga didunia bees!!!

Artikel ini telah terbit di :

https://rembangbicara.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-1044608412/1-juni-hari-apa-ternyata-ada-peringatan-hari-bocil-internasional-dan-hari-orang-tua-sedunia-cek-infonya

Adapun kami mencari beberapa referensi https://m.merdeka.com/jateng/sejarah-peringatan-hari-orang-tua-sedunia-berawal-dari-isu-mental-dan-emosional-anak-kln.html?page=2&page=4

Leave a Reply

Your email address will not be published.