Angklung 12

Sejarah Angklung 12

Ekstrakulikuler Angklung SMA Negeri 12 Bandung berdiri sejak tahun 2008 dan diresmikan pada tahun 2010. Tujuan ekstrakulikuler  ini berdiri adalah bentuk upaya melestarikan budaya sunda terutama pada alat musik angklung, Motto kami adalah “Bring angklung to the world” kami berharap dengan adanya ekstrakulikuler Angklung 12 dapat memperkenalkan alat musik tradisonal Indonesia ke  mancanegara. Selain itu dengan didirikannya ekstrakulikuler angklung ini akan membangun karakter siswa/i  untuk lebih mencintai dan bangga terhadap budaya nusantara.

      Ekstrakulikuler Angklung 12  menghimpun minat siswa/i dalam bidang seni musik. Dengan adanya Angklung 12 dapat menjadi salah satu wadah pengembangan kreativitas siswa/i  dalam memainkan alat musik tradisional khas Jawa Barat. Selain alat musik tradisional angklung, gambang, jimbe, akom, gendang, dan lain-lain, siswa/i dapat bermain alat-alat musik lainnya seperti bass, cajoon, tamborin bahkan siswa/i dapat mengembangkan bakat bernyanyi. Kami melaksanakan latihan setiap 2 kali seminggu pada hari Selasa dan Rabu. Pada dasarnya setiap latihan kami mempelajari ilmu mendasar tentang musik dan alat musik itu sendiri (angklung) sebagai langkah awal dalam mengembangkan permainan alat musik angklung, contohnya adalah cara memainkan angklung yang benar, mempelajari nada dasar, cara membaca partitur dan tanda-tanda yang ada pada partitur, menghitung tempo, dan lain-lain. Selain itu para pemain angklung dapat menyalurkan idenya untuk membuat koreografi agar pada saat memainkan angklung, pemain lebih menikmati iringan dan menghibur yang menyaksikannya. Genre lagu yang kami mainkan pun tidak hanya lagu tradisional melainkan dangdut, pop, klasik, dan lagu barat. Di Angklung 12 juga kalian dapat merasakan kekeluargaan antar anggota angklung, mengelola organisasi, mengembangkan pendapat pendapat yang bersifat membangun esktrakulikuler Angklung 12.

Daftar Ketua Angklung 12

Nama Ketua Periode Kepengurusan
Rafika F.Z 2016-2017
Noor Rahmah 2017-2018
Juliana Marifah 2018-2019
Najwa Syahrani 2019-2020
Nabila Nisrina 2020 - sekarang

Pada ekstrakulikuler Angklung kami tidak hanya mempelajari tentang “angklung” saja, melainkan cara bekerjasama dengan sesama pemain angklung lainnya, menanamkan rasa kekeluargaan yang erat, karena pada halnya memainkan musik angklung ini membutuhkan kekompakan, melatih daya ingat, konsentrasi, solidaritas, dan berupaya melestarian alat musik tradisional  khas Jawa Barat khususnya angklung dan menciptakan prestasi non-akademik. Selain berkaitan dengan angklung itu sendiri, para anggota angklung belajar untuk dapat merias diri (make up, hairdo, hijabdo) sendiri yang bisa menjadi softskill siswa/i.

Prestasi

Kategori Juara Tingkat
Lomba Festival Budaya Sunda Trans Studio Bandung tahun 2017 Juara 3 Provinsi Jawa Barat
Lomba Festival Budaya Sunda Trans Studio Bandung tahun 2018 Juara 1 Provinsi Jawa Barat
  •           Mengisi acara penyambutan acara “October Meeting 2019” yang diselenggarakan oleh  CIMSA Universitas Padjajaran
  •           Mengisi acara “HUT RI 17 Agustus di Komplek Panyileukan” 30 Agustus 2019
  •       Mengisi acara “Anniversary Gojek 27 Oktober 2019
  •       Mengisi acara “Ikares 15 September 2018