DEUGRUZ

Sejarah Deugruz

     Deugruz pertama kali didirikan sekitar tahun 2018 dan sampai sekarang baru memiliki 4 angkatan karena memang tergolong ekskul baru di SMAN 12 Bandung. Deugruz merupakan ekskul yang bertujuan untuk mengasah bahasa asing siswa/siswi SMAN 12 Bandung yang tentunya diselenggarakan dengan materi yang dapat menarik siswa/i dan mudah dipahami. Selain itu, dengan adanya lintas minat bahasa Jerman, ekskul ini pun dapat membantu tugas yang diberikan maupun mempelajari materi yang belum diajarkan.

     Singkatan dari Deugruz itu sendiri yaitu Deutsch Gruppe Zwolf yang berarti Grup Bahasa Jerman Dua belas. Jika di istilahkan sekumpulan siswa/i SMAN 12 Bandung yang meminati bahasa Jerman serta mempelajari lebih dalam mengenai budaya, dan tentunya bahasa.

Prestasi

Nama Juara Tingkat
Hanna Salwa Juara 4 DEUTSCHOLYMPIADE Provinsi

Daftar Ketua Deugruz

Nama Ketua Periode Kepengurusan
Hanna Salwa 2018-2019
Amelia Dwi 2019-2020
Nadiva Salsabila 2020 - sekarang

     Deugruz adalah ekskul yang menghimpun minat siswa/i dalam mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Jerman. Selain mempelajari bahasanya, disini kita juga bisa mempelajari budaya dan kultur nya yang menarik. Kegiatan yang dilakukan setiap kumpul wajib yaitu berdiskusi tentang PR atau tugas lintas minat Jerman (bagi yang berlintas minat tersebut) , mengerjakan beberapa soal bahasa Jerman, menghafal nama-nama benda dalam bahasa Jerman, dan masih banyak lagi. Sedangkan adalun kegiatan Spieltag setiap sebulan sekali ataupun jika memungkinkan seminggu sekali. Spieltag ini yaitu kita para anggota ekskul pergi ke Goethe Institut Jerman dengan tujuan memainkan permainan ala Jerman serta mempelajari budaya dan bahasanya lebih dalam lagi. Terkadang juga sambil mendengarkan seminar jika memang seminar sedang berlangsung dalam tempat tersebut.

     Banyak banget keseruan organisasi in!!! Mulai dari main game bareng di luar, ikut seminar cara mendapatkan beasiswa di Jerman, mencoba makanan khas Jerman, dan mempelajari budaya serta bahasanya. Selain itu kita juga dapat mempelajari tarian budaya Jerman dan bertemu atau berbincang langsung dengan orang Jerman maupun orang lokal  yang fasih berbahasa Jerman.