ITwelve

Sejarah ITwelve

     ITwelve adalah ekskul di SMAN 12 Bandung yang bergerak dalam bidang Informasi Teknologi. Nama ITwelve sendiri berasal dari singkatan “IT” untuk “Informasi Teknologi” dan “Twelve” untuk SMAN 12.

     ITwelve didirikan pada tahun 2007 sebagai media atau komunitas untuk mengembangkan potensi siswa-siswi yang berminat pada teknologi informasi. Pada awalnya, ITwelve mencakup divisi software, hardware, dan robotika.   

    Lalu, pada angkatan kelima, ITwelve memperoleh ruangan sekretariat ekskul. Kemudian, ITwelve juga menyederhanakan divisinya menjadi dua: Programming dan Multimedia. ITwelve juga menggelar kompetisi tiap tahunnya sejak tahun 2015, yang berawal dari #KODE1 (Kompetisi Olah Digital Edisi 1) sampai #KODE7 (Kompetisi Olah Digital Edisi 7) pada tahun 2020.

ITwelve menghimpun siswa-siswi yang berminat dalam bidang informasi dan teknologi. Teknologi berkembang dengan sangat cepat, akibat adanya kreativitas dan inovasi. Di era teknologi ini, pengetahuan mengenai pemanfaatan IT secara kreatif dan inovatif dapat mengembangkan potensi dan bakat pada siswa dan siswi.

Maka dari itu, ITwelve memiliki visi untuk menjadikan IT sebagai sarana kreativitas, inovasi, dan komunikasi siswa agar mampu berkembang di era teknologi.Untuk itu, misi ekstrakulikuler ITwelve adalah:

  1. Mewadahi dan menampung segala ide dan aspirasi kreatif setiap anggota.
  2. Mengkoordinasi serta memajukan kinerja IT di segala aspek yang ada.
  3. Menumbuhkan rasa kekeluargaan dan tanggung jawab.
  4. Meningkatkan status IT di kalangan masyarakat
  5. Menjadikan individu yang bersifat kritis.
  6. Membentuk sikap anggota yang dapat bersaing di era globalisasi.

Kegiatan utama ITwelve adalah pelatihan materi kepada anggota tiap divisi. Di divisi programming, anggota ITwelve mempelajari tentang bahasa pemrograman, ilmu komputer dasar, dan implementasi koding. Sedangkan divisi multimedia fokus kepada fotografi dan videografi, dan bagaimana menyampaikan informasi secara digital menggunakan berbagai software.

ITwelve juga memiliki aktivitas lainnya, seperti hunting foto, membuat game edukatif, dan juga kompetisi olah digital atau #KODE yang diadakan tiap tahun. ITwelve juga sangat terbuka terhadap proyek-proyek mandiri yang diminati dan ingin direalisasikan oleh anggotanya. Salah satu contoh proyek yang pernah diselesaikan oleh ITwelve adalah ATO (Automatic Trashcan Opener).

Daftar Ketua ITwelve

Nama Ketua Periode Kepengurusan
Noviar Hikmatul 2009-2010
Firman Gustian 2011-2012
Muhammad Refa 2012-2013
Taufiqurrahman 2013-2014
Aprilia Permata Sari 2014-2015
Muhammad Luthfi Zulfikar 2015-2016
Hafizh Muhammad Fikri 2016-2017
Rizal Naufal Abdullah 2017-2018
Pradayan Adhimas 2018-2019
Aldi K. R. 2019-2020
Rasyad Dermawan 2020 - sekarang

     Teknologi berkembang sangat cepat. Berbagai aspek hidup kita bergantung pada teknologi. Contohnya, pasti kita menggunakan banyak waktu keseharian kita di depan layar HP dan komputer, kan? Tentunya menguntungkan jika kita bisa memanfaatkan potensinya.

     Ekstrakulikuler ITwelve berfokus pada bidang teknologi dan informasi, dan merupakan komunitas untuk mengembangkan potensi siswa-siswi yang berminat pada bidang ini. ITwelve terbagi menjadi dua divisi: Programming dan Multimedia.

     Dalam divisi programming, kita akan belajar cara berbicara dengan kode dengan mempelajari bahasanya. Kita akan belajar cara merawatnya, menjaganya, mengenal dirinya lebih dekat, dan menggunakannya untuk membuat algoritma, website, atau bahkan game.

     Dalam divisi multimedia, yang dipelajari terutama adalah fotografi, videografi, dan bagaimana cara menggunakan kamera untuk menangkap suatu momen. Kita juga akan belajar cara mengedit dan mengolah foto dan video dengan memanfaatkan berbagai software.

     Tapi tidak hanya itu! ITwelve juga memiliki aktivitas lainnya, seperti hunting foto dan mengadakan kompetisi #KODE!

     Jadi, tunggu apa lagi? Ada banyak potensi yang bisa diraih dengan ilmu IT ini, maka ayo kita manfaatkan sebaik-baiknya. Ditunggu kehadirannya!