Kirana Tari

     Ekstrakulikuler kirana tari menghimpun minat siswa/i dalam bidang seni, khususnya tarian khas Jawa Barat. Ekskul ini dapat membuat siswa/i mengenal dan melestarikan budaya indonesia, kegiatan yang dilakukan dalam ekskul tari ini yaitu yang pertama memahami makna dan isi tari sebelum belajar gerak tari, program olah tubuh untuk mengolah tubuh agar terbiasa dengan gerak gerak tari dan agar bisa menerima gerak tari dengan mudah, lalu ada olah rasa untuk mengolah rasa dalam menjiwai karakter dalam tarian, kegiatan belajar make up, make up ini juga berperan dalam mendukung tarian.

Sejarah Kirana Tari

     Kirana Tari merupakan salah satu ekstrakulikuler yang terdapat di SMAN 12 Bandung. Kirana Tari mempelajari tentang tarian tradisional khususnya yang terdapat di Jawa Barat. Dengan tema yaitu wanita yang kuat. Materi yang akan dilaksanakan atau diberikan dalam ekstrakulikuler Kirana Tari (Tari Tradisional) ini berhubungan dengan kebudayaan seperti: dasar-dasar tarian khas Jawa Barat, Teknik dalam menari, dan memahami arti tarian.

Visi

Menjadikan Ekstrakulikuler Kirana Tari Sebagai sarana pelestarian budaya untuk      meningkatkan kreaktifitas sifat cinta tanah  air dan bangsa serta percaya diri bagi para siswa.

Misi :

  1. Melestarikan budaya Jawa Barat serta Budaya Indonesia
  2. Mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam seni tradisional
  3. Maksimal dalam penampilan setiap acara
  4. Mendapatkan prestasi dan penghargaan

Daftar Ketua Kirana Tari

Nama Ketua Periode Kepengurusan
Kenny Prarizki Putri 2015-2016
Indah Aulia Rahmah 2016-2017
Aulia Putri Regita 2017-2018
Wening Alfina Rahmah 2018-2019
Kartika Dwi Yuniarti 2019-2020
Viana Maulida 2020 - sekarang

     Organisasi kirana tari bukan hanya membuat siswa/i nya belajar tentang cara menari daerah saja, tetapi di dalam kirana tari kita akan belajar banyak tentang warisan budaya kita yaitu tarian daerah, tarian khas Jawa Barat, teknik dalam menari, memahami makna tarian, kita akan mendapat banyak pengalaman luar biasa, keluarga baru, dan kita akan sangat merasa bangga telah diwariskan budaya yang sangat di cintai bukan hanya oleh negara kita saja, tetapi juga di sukai oleh negara asing. Mari cintai budaya sendiri dengan cara melestarikan yang ada.

Prestasi

Juara Tingkat
Juara 1 kategori rampak umum bandar jaipong ngalanglang tatar pasundan Kota Bandung dan sekitarnya
Juara 3 kategori SMA lomba tari kreasi nusantara mare mari 2018 Jawa Barat