KURMA
(Kumpulan Remaja Masjid)

 Menghimpun minat siswa/I dalam bidang agama Islam,kegiatan-kegiatan yang dilakukan di ekstrakulikuler KURMA ini adalah kegiatan yang bernafaskan Islam,yang mana Kegiatan-kegiatan tersebut menurut sifatnya  terbagi menjadi 2, yaitu:

1.Kegiatan Eksternal

  Kegiatan Eksternal adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh KURMA dan wajib diikuti oleh seluruh warga SMA Negeri 12 Bandung,tujuannya ialah meningkatkan serta membina Iman & Taqwa siswa/i kepada Tuhan yang maha Esa,selain itu untuk menambah wawasan Islam siswa/i agar semakin taat dan khusyu menjalankan kewajibannya kepada Allah SWT dan RasulNya.

Kegiatan-Kegiatan Eksternal meliputi : PPHQ (Pelatihan Pengelolaan Hewan Qurban),Female Format (Forum Mengenal Ikhwan dan Akhwat lebih dekat),Mapag Ramadhan,dan Mabit (Mal bina Iman & Taqwa)

2.Kegiatan Internal

  Kegiatan Internal adalah kegiatan yang dilakukan dan wajib diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota KURMA,kegiatan ini biasa dilakukan pada hari Jum’at setelah melaksanakan Shalat Jum’at (Bagi Ikhwan) dan setelah shalat Dzuhur (Bagi akhwat) ,yang dilaksanakan di Masjid Nurul Hidayah SMA Negeri 12 Bandung.

Kegiatan-kegiatan Internal meliputi : Kumjib (Kumpul Wajib),Tahsin Qur’an,Tahfidz, Ta’limu Lughotul ‘Arabiyah(Belajar Bahasa Arab dasar),Tarikh (Sejarah Islam),Mentoring,Hufzdul Hadist (Menghafal hadist),dan Kegiatan-kegiatan yang bernafaskan Islami lainnya.

Sejarah Kurma

  Pada tanggal 18 Agustus 1990 masjid Noer Hidayah diresmikan oleh Kepala Kanwil Depdikbud Prop.Jabar, Drs.H.Tating Karnadinata, bertepatan dengan peresmian tersebut maka terbentuklah ekstrakulikuler Kurma Nurul Hidayah sebagai salah satu upaya dalam memakmurkan masjid Noer Hidayah.

  Awalnya Organisasi ini bernama Rohis yang  disingkat Rohani Islam,namun pada tahun 2006 berganti nama menjadi Irma atau Ikatan Remaja Masjid,sebelumnya pun pernah diberi nama Forum Komunikasi Pelajar Islam, hingga akhirnya sekitar tahun 2013 sampai dengan saat ini organisasi ini secara resmi berganti nama menjadi Kurma Nurul Hidayah.

 “Kurma” merupakan singkatan dari “Kumpulan Remaja Masjid”, Tujuan didirikannya organisasi ini ialah Menghimpun siswa/i muslim SMAN 12 Bandung untuk bekerja sama dalam hal yang bernafaskan Islam, Meningkatkan kualitas IMTAQ Siswa/i dengan format identik dengan kehidupan remaja,menjalin hubungan silaturahmi antar siswa/i dengan keluarga besar SMAN 12 Bandung, dan mengembangkan potensi-potensi keagamaan Islam, akademik, organisasi dan minat serta bakat lainnya.

Daftar Ketua KURMA

Nama Ketua Periode Kepengurusan
Wildan Sani Nugroho 2010 - 2011
Kang Hani 2011 - 2012
Dzulyandri Abdullah 2012-2013
Muhammad Rifki Rahman 2013-2014
Abdul Malik Zakaria 2014-2015
Ilham Nashrullah 2015 - 2016
Muhammad Fawwaz 2016 - 2017
Luthfi Rahman Hidayat 2017 - 2018
Rayhan Fakhri Haekal 2018 - 2019
Diman Sukandi 2019 - 2020
Muhammad Ihsan Fadhlih 2020 - sekarang

  Keseruan menjadi anggota KURMA itu ketika mengikuti kegiatannya bukan hanya sekedar mengisi waktu luang saja, tetapi juga diisi dengan mendengarkan hal-hal positif, wawasan baru tentang islam, ilmu hidup berdasarkan islam, mendapatkan saudara baru, memperluas silahturahmi antar sesama muslim. Selain itu juga melatih jiwa berorganisasi yang baik, ikut berpartisipasi dalam kegiatan agama dan melatih sikap tanggung jawab, ikut serta memakmurkan masjid, dan hal-hal positif lainnya.

  Ayo masuk KURMA! Karena melalui KURMA, kita akan memperluas ilmu dunia dan ilmu akhirat, kegiatan yang di adakan seperti Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban (PPHQ), Female Format (FF),  Kajian bareng, Mentoring dan lain lain ini bukan sekedar kegiatan biasa melainkan kegiatan dakwah yang disesuaikan dengan keadaan zaman, dan yang terpenting kita juga bisa melatih jiwa ber organisasi dan jiwa tanggung jawab kita! Ditunggu kehadirannya sebagai anggota KURMA!!

Prestasi

Nama Juara Tingkat
Muhammad Nabil Khoirurahman Juara 3 Olimpiade PAI MGMP PAI Kota Bandung 2019 Kota Bandung
Haidar Ahmad Shabir, Fauzan Uwaiz Al-Khorni, Jabar Nur Muhammad Juara 2 Cerdas Cermat Islam Annyeong Azayaka 2018 Bandung Raya dan Cimahi
Dimas Reyhandika, Nazla Aqira, Muhammad Fawwaz Juara 1 Cerdas Cermat Qur'an MGMP PAI Kota Bandung 2017 Kota Bandung