MADU SEHAT
(Mading Dua Belas Selalu Di Hati)

Sejarah Madu Sehat

     Madu Sehat merupakan salah satu ekstrakurikuler di SMAN 12 Bandung yang bergerak di bidang seni dan jurnalistik. Madu Sehat dibentuk pada tahun 1998 dan masih ada dan berlanjut hingga sekarang.

     Madu Sehat merupakan singkatan dari Mading Dua Belas Selalu Di Hati. Ekstrakurikuler ini bergerak di bidang seni rupa dan jurnalistik. Khususnya, Madu Sehat menjalankan kegiatannya untuk aktif di dalam pembuatan mading (majalah dinding) sekolah. Madu Sehat juga membantu mendekorasi untuk acara-acara di SMAN 12 Bandung. Madu Sehat memiliki prioritas dalam melaksanakan setiap kegiatannya, yaitu mencerdaskan seluruh warga SMAN 12 Bandung melalui sajian informasi yang mampu menambah wawasan dan pengetahuan juga sebagai tempat untuk mewadahi kreativitas siswa-siswi SMAN 12 Bandung.

     Sebelumnya di SMAN 12 Bandung belum ada ekstrakurikuler yang khusus untuk mengakomodasi minat maupun bakat siswa maupun siswi di bidang seni rupa dan jurnalistik. Lalu, salah seorang guru mengusulkan untuk membentuk ekstrakurikuler yang mampu mewadahi kreativitas siswa-siswi SMAN 12 Bandung baik dalam seni rupa maupun kejurnalistikan hingga kepenulisan. Maka dari itulah, ekskul Madu sehat mulai dirintis pada tahun 1998 dan hingga kini masih berusaha untuk menyediakan wadah untuk para siswa-siswi dalam mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas dalam hal seni rupa maupun kejurnalistikan. Ekskul Madu Sehat juga berusaha dalam mengahadirkan informasi yang berkualitas lewat program mading yang rutin diadakan tiap 2 (dua) minggu sekali.  Tak lupa juga ekstrakurikuler Madu Sehat hadir untuk membantu mendekorasi suatu acara atau kegiatan yang diadakan oleh sekolah, ekstrakurikuler lainnya maupun acara OSIS dan MPK.

Adapun Visi dan Misi ekstrakurikuler Madu Sehat,

VISI

Menjadikan ekskul mading sebagai ekskul yang dapat menampung aspirasi seni siswa mapun siswi serta menjadikan ekskul mading sebagai media literasi bagi seluruh warga SMAN 12 Bandung.

MISI

  1. Menjalankan Program OSIS SMAN 12 Bandung Masa Bakti 2020-2021,
  2. Mempelajari lebih dalam mengenai bidang kejurnalistikan,
  3. Mengembangkan minat siswa dalam bidang jurnalistik,
  4. Memberi informasi yang beragam dalam bentuk redaksi yang berbedabeda sesuai waktu yang telah ditentukan sebagai bukti realisasi kami sebagai personel mading di SMAN 12 Bandung, dan
  5. Memajukan eksistensi sekolah

Daftar Ketua Madu Sehat

Nama Ketua Periode Kepengurusan
Ghina Sahar 2017-2018
Saniyya Rhomadina 2018-2019
Nurul Mufidah 2019-2020
Alya N. Hanifa 2020-2021

Madu Sehat adalah salah satu ekstrakurikuler di SMAN 12 Bandung yang bergerak dalam bidang seni dan jurnalistik. Khususnya, Madu Sehat menjalankan kegiatan yang aktif dalam pembuatan mading (majalah dinding) sekolah. Madu Sehat menyajikan hasil kegiatannya dalam bentuk mading sekolah (redaksi) yang tayang setiap 2 (dua) bulan sekali demi memenuhi kebutuhan akan informasi yang baik dan berkualitas untuk seluruh warga SMAN 12 Bandung juga membantu mendekorasi untuk acara-acara di SMAN 12 Bandung. Oleh karena itu, Madu Sehat memiliki prioritas dalam melaksanakan setiap kegiatannya, yaitu mencerdaskan seluruh warga SMAN 12 Bandung melalui sajian informasi yang mampu menambah wawasan dan pengetahuan juga sebagai tempat untuk mewadahi kreatifitas siswa dan siswi SMAN 12 Bandung.

Tak lupa, salah satu program utama ekstrakurikuler Madu Sehat yaitu Aksan Buana. Aksan Buana merupakan acara yang menghadirkan penulis-penulis favorit yang nantinya diadakan dalam bentuk talkshow guna meningkatkan minat literasi juga minat kepenulisan siswa-siswi di SMAN 12 Bandung. Dalam Aksan Buana, penulis akan memberikan banyak sekali informasi mengenai tips maupun trik dalam kepenulisan yang baik dan benar. Aksan Buana hadir sebagai salah satu bentuk kepedulian Madu Sehat terhadap minat maupun bakat siswa dan sisiwi dalam bidang kepenulisan maupun kejurnalistikan.

Lalu secara rutin, Madu sehat akan mengadakan salah satu program unik yang jadi unggulan dalam ekstrakurikuler Madu Sehat. Yaitu surat idola. Apa sih Surat Idola itu? Surat Idola atau Surdol adalah surat yg dikirim secara anonim dari dan untuk warga 12.  Surat idola hadir untuk memenuhi salah satu kebutuhan siswa maupun siswi dalam meyampaikan pesan maupun kesan pada seseorang tapi masih belum bisa mengatakan sesuatu karena masih ragu atau malu untuk mengirimkan secara langsung, kamu bisa titipkan pesanmu di Surat Idola. Sekali lagi, identitas pengirim akan sangat dirahasiakan sehingga tentunya akan aman dan tetap anonim.

Pesan dapat dikirimkan melalui Official Account Madu Sehat 12 atau bisa juga titipkan pesanmu melalui anggota Madu Sehat yang kamu percayai.

Menjadi kreatif adalah sebuah kebutuhan, bukan paksaan. Madu Sehat bisa menjadi tempat terbuka untuk mengekspresikan diri melalaui karya-karyamu. Tak perlu meragukan kemampuanmu karena orang berbakat akan kalah oleh orang yang berusaha.

Come and join us!

Prestasi

Nama Juara Tingkat
Tim Madu Sehat Juara 3 Mading digital DEE 2017 Provinsi