https://jbg.sumbatimurkab.go.id/sgacor/

https://lsp.unw.ac.id/foto_konten/apps/
Pelatihan Pengelolaan Hewan Qurban (PPHQ) Idul Adha 1445 H di SMAN 12 Bandung: Wujud Nyata Pendidikan Karakter dan Keagamaan - School of Smart Personality

Pelatihan Pengelolaan Hewan Qurban (PPHQ) Idul Adha 1445 H di SMAN 12 Bandung: Wujud Nyata Pendidikan Karakter dan Keagamaan

Bandung, 19 Juni 2024 – SMAN 12 Bandung kembali menggelar Pelatihan Pengelolaan Hewan Qurban (PPHQ) dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H. Acara yang diadakan di Desa Cimenyan, Jl. Terusan Padasuka Kp. Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ini dihadiri oleh seluruh warga sekolah dan dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 12 Bandung, Ibu Hj. Enok Nurjanah, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Ibu Hj. Enok Nurjanah menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya sekolah untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan ketrampilan praktis kepada siswa. “PPHQ ini bukan hanya sekedar kegiatan rutin, tetapi juga merupakan wujud nyata pendidikan karakter dan keagamaan yang kita tanamkan kepada para siswa. Melalui pelatihan ini, kami berharap para siswa dapat memahami dan menghargai makna qurban serta memiliki ketrampilan yang berguna di masyarakat,” ujarnya.

Pelatihan yang dimulai sejak pagi ini melibatkan seluruh siswa, guru, serta staf sekolah. Berbagai sesi pelatihan diadakan, mulai dari cara memilih hewan qurban yang sesuai dengan syariat Islam, teknik penyembelihan yang halal dan higienis, hingga pengelolaan daging qurban untuk didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Salah satu peserta, Damica (18), siswa kelas XI, mengungkapkan antusiasmenya mengikuti kegiatan ini. “Ini pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Selain belajar teori di kelas, kami juga mendapat kesempatan untuk praktik langsung di lapangan. Saya jadi lebih mengerti tentang proses qurban dan tanggung jawab sosial yang menyertainya,” tuturnya.

Tidak hanya siswa, para guru dan staf sekolah pun turut aktif dalam setiap sesi pelatihan. Mereka berperan sebagai fasilitator dan mentor, memastikan setiap tahapan pelatihan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang benar.

Selain pelatihan, acara ini juga diisi dengan ceramah keagamaan yang disampaikan oleh ustadz setempat. Ceramah ini memberikan pencerahan tentang makna qurban dalam Islam dan pentingnya berbagi kepada sesama, terutama kepada mereka yang kurang beruntung.

Kegiatan PPHQ diakhiri dengan doa bersama dan penyerahan hewan qurban yang telah dikelola kepada masyarakat Desa Cimenyan. Hal ini menjadi puncak acara yang penuh makna, di mana warga sekolah dan masyarakat setempat saling berbagi kebahagiaan dalam suasana yang penuh kekeluargaan.

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan siswa-siswi SMAN 12 Bandung tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan baru, tetapi juga semakin menguatkan jiwa sosial dan religius mereka. Kegiatan ini juga menjadi bukti komitmen SMAN 12 Bandung dalam mengembangkan pendidikan yang holistik, mencakup aspek akademis, karakter, dan spiritual.

Alamat lengkap tempat pelatihan:
Desa Cimenyan, Jl. Terusan Padasuka Kp. Cimenyan
Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung
Provinsi Jawa Barat, Kode Pos 40197.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *